usaha jasa sablon kaos
Nama : Sukma Awalun Nafi’
NIM : 14510007
Jasa
Sablon Kaos Manual
BAB
I
A. Klasifikasi
Jasa
Jasa
sablon kaos tergolong dalam klaifikasi jasa campuran yang mana penawaran barang
dan jasa dengan proporsi yang sama.
Berdasarkan
atas tingkat kontak konsumen dengan pemberi jasa sebagai bagian dari sistem
saat jasa tersebut dihasilkan, jasa ini termasuk dalam kategori Low-contact system,
konsumen tidak perlu menjadi bagian dari sistem untuk menerima jasa dan Quasimanufacturing service, dalam banyak hal mirip dengan
manufaktur, karena jasa ini termasuk sangat low-contact dan konsumen
tidak harus menjadi bagian dari proses produksi jasa.
B. Karakteristik
jasa
Intangibility (tidak
berwujud). Jasa tidak dapat dilihat, dirasa, diraba, didengar, atau dicium
sebelum jasa itu dibeli. Nilai penting dari hal ini adalah nilai tidak berwujud
yang dialami konsumen dalam bentuk kenikmatan, kepuasan, atau rasa aman.
Masalah yang berkaitan dengan karakteristik intangibility:
a)
Jasa tidak dapat dilindungi dengan hak paten.
b) Perusahaan
tidak dapat dengan mudah dan cepat mempertunjukkan atau mengkomunikasikan suatu
jasa.
c) Harga
sukar ditetapkan.
Strategi mengatasi masalah
yang ditimbulkan karakteristik intangibility:
a) Menekankan petunjuk-petunjuk yang tampak (tangible
cues), yaitu tempat (desain interior dan eksterior), sumber daya manusia
(ramah, responsif, murah senyum, berpakaian rapi), peralatan (komputer, meja,
kursi, dll.), bahan-bahan komunikasi (brosur, pamflet, leaflet, dll.), simbol
perusahaan, dan harga.
b) Menggunakan sumberdaya personal lebih banyak daripada
sumber daya lainnya.
c) Menciptakan citra (image) perusahaan yang kuat,
misalnya lewat iklan, logo/simbol, perilaku manajemen dan karyawan yang positif
(responsif, etis, peduli akan lingkungan, dan terpercaya), dan lain-lain.
d) Memanfaatkan akuntansi biaya (termasuk pula manajemen biaya dan akuntansi
manajemen) dalam penetapan harga, sehingga harga dapat ditetapkan sebaik
mungkin.
e) Melakukan komunikasi purnabeli / pasca pembelian (post-purchase
communication), seperti mengumpulkan informasi mengenai kepuasan pelanggan,
keluhan pelanggan, saran dan kritik dari pelanggan, serta menyampaikan
informasi produk baru dan program promosi baru kepada mereka.
BAB II
A. Bentuk
relation marketing
1.
Hubungan dengan pelanggan
Untuk jasa sablon kaos ini hubungan dengan
pelanggan dapat berupa pemberian diskon atau bonus disetiap pemesanan minimal 1
lusin. Pemberian bonus atau diskon ini dapat berupa baju atau pengurangan harga
tergantung banyaknya pesanan yang dilakukan konsumen\
2.
Kemitraan dengan pemasok
Bentuk
hubungan kemitraan dengan pemasok dapat berupa memberikan baju hasil desain yang diinginkan oleh pemasok
secara gratis apabila terjadi nkepuasan atas baju yang dikirim oleh pemasok
3.
Kemitraan dengan perusahaan lain
Hubungan
dengan perusahaan lain harus dijaga dengan tujuan saling memberikan motivasi
dan melakukan persaingan dengan sehat. Hal ini dapat berupa pembentukan
komunitas pembuat sablon kaos se daerah. Hal ini bersifat tolong menolong dan
tidak saling memjatuhkan. Dengan melakukan evaluasi antar perusahaan agar mampu
menutupi kekurangan dan saling menguntungkan antar perusahaan
4.
Kemitraan internal
Dalam
melakukan relation terhadap karyaawan yaitu dengan cara memberikan intensif
gaji apabila karyawan tersebut mampu bekerja dengan baik atau melebihi target
tang diinginkan
5.
Hubungan dengan masyarakat
Dapat
berupa melakukan jalan santai berhadiah kaos. Jadi selain memberikan kaos
gratis perusahaan bisa juga memperkenalkan produk jasa yang dijalankan sekarang
BAB
III
A. Visi
dan Misi
Visi
Menjadi Perusahaan sablon kaos manual di Indonesia yang Profesional ,Berkarakter
,Inovatif ,Produktif yang dapat menghasilkan sesuatu nilai tambah baru
yang dapat memberi manfaat, serta mampu membuka lapangan pekerjaan yang
menguntungkan bagi sesama.
Misi
1.
Membangun Usaha sablon kaos yang mampu memberikan
pelayanan dan kepuasan bagi pelanggan.
2.
Mengedepankan Kwalitas produksi dengan harga yang
terjangkau.
3.
Menghadirkan lapangan pekerjaan yang profesional
dengan situasi kerja yang produktif.
4.
Menyantuni bagi mereka yang membutuhkan.
B. Analisa
SWOT
1.
Strengths - Kekuatan Diri
Usaha
kami memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan perusahaan lain yaitu
menerima pesanan 1 kaos dengan desain suka suka dan bebas selain itu menjual
produk yang diperoleh dari suplier dan
juga memproduksi produk kami sendiri dengan pertimbangan desainnya unik
dan jumlahnya terbatas.
Kelebihan
sablon manual :
1.
Warna sablonan tidak cepat pudar, bergantung pada jenis tinta sablon yang
digunakan, dan proses pengerjaannya.
2.
Bisa mengerjakan sablon gambar/tulisan yang timbul dengan menggunakan tinta
busa.
3.
Tinta lebih kuat menempel pada kaos walau dicuci beberapa kali.
4.
Untuk pemesanan yang massal, biaya sablon jauh lebih murah.
2.
Weakness - Kelemahan Diri
Keadaan
tren yang berubah dengan sangat cepat memaksa perusahaan agar dapat mengikuti
perubahan tren tersebut agar perusahaan tidak kehilangan konsumen dan juga
dalam segi harga yang lebih mahal sedikit apabila pembuatan satuan
Kekurangan
sablon manual :
1.
Kurang bagus untuk menyablon foto yang berwarna-warna.
2.
Proses pengerjaan yang lebih lama karena ada proses pembuatan film afdruk,
penyablonan, penjemuran, dsb.
3. Tidak bisa mengerjakan kaos dalam jumlah
satuan, harus ada minimal order karena biaya sablon untuk satuan relatif besar.
4.
Biasanya setelah dicuci berulang kali dan dipakai beberapa bulan, gambar akan
mengalamai keretakan.
3.
Peluang usaha,
sablon
digital dan tinta semakin banyaknya bisnis usaha yang bergerak di bidang usaha,
sablon digital dan tinta. bisnis ini semakin berkembang dengan pesat, kita
menyadari kebutuhan sandang dan usaha saling berkaitan serta membutuhkan satu
dengan lainnya. contoh : saat kita membuka usaha sablon digital ada perusahaan
/ toko yang ingin membuat banner / spanduk serta sablon lainnya lalu toko
tersebut akan melakukan order ke perusahaan kita. Yang ditekankan mencari
peluang usaha, sablon digital dan tinta kita dituntut mengerti dahulu usaha apa
yang akan dikembangkan dan tidak akan pernah mati usaha tersebut dan semakin
dibutuhkan di kemudian hari. Berbeda dengan peluang usaha, sablon digital dan
tinta yang membedakan adalah masih sedikitnya orang yang bergelut di bidang
sablon, digital dan tinta serta peluang usaha seperti ini dapat menjadikan
keuntungan yang besar dengan pengelolaan dan manajemen yang baik. modal yang
diperlukan juga tidak sangat besar dengan merintis usaha dan melihat
peluangnnya bisnis ini bisa menjadi besar dan berkembang.
4.
Ancamaan Usaha
Ancaman utama yang dihadapi oleh usaha ini
adalah perusahaan-perusahaan besar yang telah dikenal oleh masyarakat.
Perusahaan-perusahaan tersebut mempunyai pangsa pasar yang sangat besar serta
mempunyai nama dan lebih dikenal di masyarakat. Kegiatan produksi mereka
dibiayai dengan biaya yang besar dan dikelola dengan sistem manajemen yang
baik, mempergunakan peralatan modern sehingga mampu menghasilkan produk yang
baik, dan memiliki bisnis grosir dengan prosentase besar. Namun ancaman ini
merupakan faktor pendorong dalam menjalankan usaha agar lebih giat dalam
berproduksi, selalu meningkatkan dan mempertahankan mutu, kekhasan dan kualitas
supaya dapat merebut segmen pasar dan konsumen tidak berpaling pada produk
lain.
C. Perbandingan
dengan usaha sejenis
Yang menjadi keunikan dengan perusahaan lain adalah
adanya pembuatan satuan jadi tidak perlu ada pesanan yang banyak dan walaupun
pesan satu tetap ada bonusnya seperti stiker
D. Menetapkan
tujuan dan sasaran
Pasar yang dibidik adalah orang-orang yang kursus
dipare Pelajar, mahasiswa, semua kalangan pelajar ( Sekolah dan mahasiswa ) dan
Umum (Event Organizier, masyarakat)
E. Mengembangkan
strategi dan bentuk aliansi
Meningkatkan
kualitas sablon dan meminimalisir kerugian. Menciptakan persaingan yang sehat
dengan bekerjasama antar pemilik sablon
kaos dengan tujuan agar saling membantu dan tidak saling menjatuhkan
BAB IV
1. SEGMENTASI
Bagi
pemasaran konsumen, variabel segmentasi utama adalah unsur:
–
Geografis,
terletak di kota pare tepatnya kampung inggris karena letaknya yang strategis
dan banyak peminat
–
Demografis,
segmen demografis yang dituju adalah semua usia karena ini produk bertujuan
mengekspresikan diri
–
Psikografis,
adalah aspek yang ditu orang yang suka mengekspresikan diri melalui kaos
–
Perilaku,segmen
yang dituju adalah komunitas komunitas yang suka membuat kaos
BAB 5
STRATEGI PRODUK JASA
a.
Produk inti
Jasa sablon kaos merupakan produk
jasa yang menyediakan jasa membuat kaos sesuai desain suka suka dengan jumlah
yang tidak dibatasi.
b. Produk actual
Memberikan
layanan terbaik untuk konsumen dan kualitas terbaik agar konsumen merasa puas
dengan layan jasa sablon kaos melalui bonus yang di berikan entah itu dalam
bentuk stiker atau pin.
c. Produk tambahan
produk
tambahan berupa pembuatan pin atau stiker. Ini membuat prduk tambahan sangat
mendukung produk utama yaitu sablon kaos.
BAB 6
Strategi
distribusi jasa
Dalam usaha sablon ini menggunakan saluran distribusi langsung karena
produsen melakukan transaksi secara langsung dengan pelanggan. ini dilakukan
oleh konsumen agar desain yang diinginkan konsumen langsung bisa dikirim ke
produsen. Dalam hal pelayanan pun konsumen bisa berhadapan langsung dengan
produsen.
BAB
7
STRATEGI
PENETAPAN HARGA
Umumnya, menjadi ketentuan bahwasannya harga melambangkan kualitas produk.
Tetapi, dalam realitis pemasaran
fakta tersebut tidak semestinya betul untuk dijadikan asas perletakan harga
yang strategis.
Strategi penetapan harga menjadi
penting bahwa faktor harga berperanan dalam mempengaruhi pengguna untuk kesetiaan pelanggan untuk menggunakan jasa..
Penetapan harga laundry per kilogram nya, W&W Londreeharga sablon mematok harga rabat, dengan harga yang relatif
lebih rendah untuk jenis lusinan dari pada satuan Penetan harga tersebut diambil dengan pertimbangan bahwa hal tersebut untuk
mengedukasi masyarakat pengguna jasa sablon Strategi
penetapan harga menggunakan harga rabat jadi intinya semakn konsumen membeli
banyak maka harga semakin murah. Ini bertujuan agar konsumen bisa membeli
banyak pada produk jasa yang sedang dilakukan.
1)
Untuk biaya
sendiri 1 kaos diharga 85000 sudah termasuk desain suka suka. Jika membeli perlusin
maka dikurangi 10 ribu
2)
Memdapat bonus
kaos pin jika membeli diatas 1 lusin
BAB
8
STRATEGI
PROMOSI JASA
Strategi
jasa yang saya ambil untuk mempromosika usaha jasa saya adalah dengan cara
periklanan dan hubungan masyarakat.
1. Periklanan
Periklanan sangat penting guna memperkenalkan produk
jasa yang akan dibangun. Untuk periklanan sendiri rencana saya akan membuat
banner yang menarik agar konsumen mau membaca dan memahami apa yang disampaikan
isi banner tesebut
2. Hubungan masyarakat
Untuk hubungan masyarakat sendiri sangat penting
digunakan untuk media promosi karena melibatkan orang banyak. Salah satu
strategi yang akan saya buat adalah dengan cara memberikan kaos gratis kepada
komunitas-komunitas resmi yang ada di pare dengan jumlah yang tertentu serta
mengadakan lomba desain suka suka dengan hadiah kaos. Dengan ini diharapkan
konsumen lebih bisa mengenal produk jasa yang akan saya jalani.
BAB 9
STRATEGI SUMER DAYA MANUSIA
Langkah yang harus dilakukan:
- Penetapan stuktur organisasi
- Penjelasan Job deskripsi dari masing-masing bagian
- Mendefinisikan syarat minimal kompetensi yang harus dimiliki masing-masing bagian
- Penetapan program pengembangan SDM yang ada
Strategi
proses
Strategi proses yang saya buat dalam usaha jasa sablon
kaos saya yang akan saya buat seperti sablon kaos secara umun yaitu mulai dari
:
Proses mencetak
Beberapa langkah ini bisa diterapkan
untuk menerapkan sablon secara manual.
1.
Siapkan kaos yang akan disablon, lalu memasukkan
tatakan tripleks ke bagian dalam kaos. Tujuannya supaya tinta tidak merembes
hingga ke bagian belakang. Termasuk berfungsi agar posisi kaos lebih stabil
saat sedang disablon.
2.
Taruhlah screen atau kasa sablon di permukaan kaos.
Anda bisa mengatur posisi gambar disesuaikan dengan rancangannya. Kalau akan
menyablon teks atau gambar dengan warnanya melebihi satu, sebaiknya menutupi
gambar lainnya dengan plastik dengan bantuan selotip atau lakban.
3.
Atur posisi screen berdasarkan rancangan gambar
tersebut.
4.
Selanjutnya menuang tinta di pinggir gambar di sisi
atas dengan menghadap objek gambar itu. Kemudian menarik cat sablon itu
mengarah bawah memakai rakel bertekanan rata dengan sekali tarikan saja.
5.
Kalau hanya menyablon satu warna saja, teknik ini
telah selesai. Anda bisa melihat hasil sablon dengan mengangkat bagian rangka
screen secara perlahan. Kemudian mengeringkan kaos
6.
Jika Anda ingin membubuhkan lebih dari satu warna.
Maka lanjutkan dengan membersihkan tinta yang melekat pada rangka. Lalu
menyiapkan gambar pada bidang selanjutnya dan tutupi bagian lainnya memakai
selotip dan plastik.
7.
Taruhlah kaos yang telah disablon warna pertama pada
meja yang sudah disiapkan. Agar hasilnya bagus, maka penempatan screen wajib
diatur dengan baik.
8.
Aturlah hasil teknik sablon ini dan mengulangi langkah
kedua dan keempat guna menghasilkan warna kedua.
9.
Anda bisa mengulangi proses sablon itu hingga rampung,
sampai warna terakhir yang diinginkan menggunakan teknik sablon manual.
Proses setelah sablon
Menurut kami
yang menentukan lama atau tidaknya sebuah pesanan kaos adalah dalam proses
pengeringan karena dalam proses pengeringan ini para penjual jasa sablon
memiliki cara sendiri untuk mengeringkan. Misalnya dengan cara sinar matahari
atau menggunakan mesin pengering. Di dalam usaha jasa saya menggunakan mesin
pengering karena apa karena walaupun agak mahal sedikit tetapi prosesnya bagus
dan cepat. Untuk menarik minat konsumen dalam belajar teknik sablon menyablon kami
menyiapkan tv yang memutar tutorial sablon manual secara umum yang letaknya di
ruang depan
BAB XI
STRATEGI LINGKUNGAN FISIK
(PHYSICAL ENVIRONMENT)
Strategi
lingkungan fisik yang diterapkan adalah membuat suasana di dalam toko nyaman
dengan memberi fasilitas ac, baju-baju atau kaos dengan desain dan kualitas
terbaik di display di depan toko serta pelayanan yang ramah kepada konsumen.
Selain itu memberikan video tutorial sablon kaos manual kepada konsumen
diharapkan mampu membuat konsumen mau belajar dan mengenal sablon kaos manual
secara umum. Dilengkapi juga ruang tunggu yang nyaman serta adanya penunjang
wifi.
BAB 12
Manajemen
kualitas jasa
Reliability
( kehandalan)
Untuk
usaha sablon ini kita akan kepuasan konsumen adalah prioritas kami maka dari
itu beberapa hal yang harus dilakukan adalah
- Memberikan pelayanan sesuai janji kepada pemesan kaos
- Ramah kepada konsumen
- Memberikan pelayanan tepat waktu
- Memberikan informasi kepada konsumen tentang kapan pelayanan yang dijanjikan akan direlisasikan
BAB
8
STRATEGI
PROMOSI JASA
Strategi
jasa yang saya ambil untuk mempromosika usaha jasa saya adalah dengan cara
periklanan dan hubungan masyarakat.
1. Periklanan
Periklanan sangat penting guna memperkenalkan produk
jasa yang akan dibangun. Untuk periklanan sendiri rencana saya akan membuat
banner yang menarik agar konsumen mau membaca dan memahami apa yang disampaikan
isi banner tesebut
2. Hubungan masyarakat
Untuk hubungan masyarakat sendiri sangat penting
digunakan untuk media promosi karena melibatkan orang banyak. Salah satu
strategi yang akan saya buat adalah dengan cara memberikan kaos gratis kepada
komunitas-komunitas resmi yang ada di pare dengan jumlah yang tertentu serta
mengadakan lomba desain suka suka dengan hadiah kaos. Dengan ini diharapkan
konsumen lebih bisa mengenal produk jasa yang akan saya jalani.
BAB 9
STRATEGI SUMER DAYA MANUSIA
Langkah yang harus dilakukan:
- Penetapan stuktur organisasi
- Penjelasan Job deskripsi dari masing-masing bagian
- Mendefinisikan syarat minimal kompetensi yang harus dimiliki masing-masing bagian
- Penetapan program pengembangan SDM yang ada
Strategi
proses
Strategi proses yang saya buat dalam usaha jasa sablon
kaos saya yang akan saya buat seperti sablon kaos secara umun yaitu mulai dari
:
Proses mencetak
Beberapa langkah ini bisa diterapkan
untuk menerapkan sablon secara manual.
1.
Siapkan kaos yang akan disablon, lalu memasukkan
tatakan tripleks ke bagian dalam kaos. Tujuannya supaya tinta tidak merembes
hingga ke bagian belakang. Termasuk berfungsi agar posisi kaos lebih stabil
saat sedang disablon.
2.
Taruhlah screen atau kasa sablon di permukaan kaos.
Anda bisa mengatur posisi gambar disesuaikan dengan rancangannya. Kalau akan
menyablon teks atau gambar dengan warnanya melebihi satu, sebaiknya menutupi
gambar lainnya dengan plastik dengan bantuan selotip atau lakban.
3.
Atur posisi screen berdasarkan rancangan gambar
tersebut.
4.
Selanjutnya menuang tinta di pinggir gambar di sisi
atas dengan menghadap objek gambar itu. Kemudian menarik cat sablon itu
mengarah bawah memakai rakel bertekanan rata dengan sekali tarikan saja.
5.
Kalau hanya menyablon satu warna saja, teknik ini
telah selesai. Anda bisa melihat hasil sablon dengan mengangkat bagian rangka
screen secara perlahan. Kemudian mengeringkan kaos
6.
Jika Anda ingin membubuhkan lebih dari satu warna.
Maka lanjutkan dengan membersihkan tinta yang melekat pada rangka. Lalu
menyiapkan gambar pada bidang selanjutnya dan tutupi bagian lainnya memakai
selotip dan plastik.
7.
Taruhlah kaos yang telah disablon warna pertama pada
meja yang sudah disiapkan. Agar hasilnya bagus, maka penempatan screen wajib
diatur dengan baik.
8.
Aturlah hasil teknik sablon ini dan mengulangi langkah
kedua dan keempat guna menghasilkan warna kedua.
9.
Anda bisa mengulangi proses sablon itu hingga rampung,
sampai warna terakhir yang diinginkan menggunakan teknik sablon manual.
Proses setelah sablon
Menurut kami
yang menentukan lama atau tidaknya sebuah pesanan kaos adalah dalam proses
pengeringan karena dalam proses pengeringan ini para penjual jasa sablon
memiliki cara sendiri untuk mengeringkan. Misalnya dengan cara sinar matahari
atau menggunakan mesin pengering. Di dalam usaha jasa saya menggunakan mesin
pengering karena apa karena walaupun agak mahal sedikit tetapi prosesnya bagus
dan cepat. Untuk menarik minat konsumen dalam belajar teknik sablon menyablon kami
menyiapkan tv yang memutar tutorial sablon manual secara umum yang letaknya di
ruang depan
BAB XI
STRATEGI LINGKUNGAN FISIK
(PHYSICAL ENVIRONMENT)
Strategi
lingkungan fisik yang diterapkan adalah membuat suasana di dalam toko nyaman
dengan memberi fasilitas ac, baju-baju atau kaos dengan desain dan kualitas
terbaik di display di depan toko serta pelayanan yang ramah kepada konsumen.
Selain itu memberikan video tutorial sablon kaos manual kepada konsumen
diharapkan mampu membuat konsumen mau belajar dan mengenal sablon kaos manual
secara umum. Dilengkapi juga ruang tunggu yang nyaman serta adanya penunjang
wifi.
BAB 12
Manajemen
kualitas jasa
Reliability
( kehandalan)
Untuk
usaha sablon ini kita akan kepuasan konsumen adalah prioritas kami maka dari
itu beberapa hal yang harus dilakukan adalah
- Memberikan pelayanan sesuai janji kepada pemesan kaos
- Ramah kepada konsumen
- Memberikan pelayanan tepat waktu
- Memberikan informasi kepada konsumen tentang kapan pelayanan yang dijanjikan akan direlisasikan
Komentar
Posting Komentar