usaha jasa sablon kaos


Nama   : Sukma Awalun Nafi’
NIM    : 14510007
Jasa Sablon Kaos Manual
BAB I
A.    Klasifikasi Jasa
Jasa sablon kaos tergolong dalam klaifikasi jasa campuran yang mana penawaran barang dan jasa dengan proporsi yang sama.
Berdasarkan atas tingkat kontak konsumen dengan pemberi jasa sebagai bagian dari sistem saat jasa tersebut dihasilkan, jasa ini termasuk dalam kategori Low-contact system, konsumen tidak perlu menjadi bagian dari sistem untuk menerima jasa dan Quasimanufacturing service, dalam banyak hal mirip dengan manufaktur, karena jasa ini termasuk sangat low-contact dan konsumen tidak harus menjadi bagian dari proses produksi jasa.
B.     Karakteristik jasa
Intangibility (tidak berwujud). Jasa tidak dapat dilihat, dirasa, diraba, didengar, atau dicium sebelum jasa itu dibeli. Nilai penting dari hal ini adalah nilai tidak berwujud yang dialami konsumen dalam bentuk kenikmatan, kepuasan, atau rasa aman. Masalah yang berkaitan dengan karakteristik intangibility:
a)   Jasa tidak dapat dilindungi dengan hak paten.
b)  Perusahaan tidak dapat dengan mudah dan cepat mempertunjukkan atau mengkomunikasikan suatu jasa.
c)   Harga sukar ditetapkan.
Strategi mengatasi masalah yang ditimbulkan karakteristik intangibility:
a)    Menekankan petunjuk-petunjuk yang tampak (tangible cues), yaitu tempat (desain interior dan eksterior), sumber daya manusia (ramah, responsif, murah senyum, berpakaian rapi), peralatan (komputer, meja, kursi, dll.), bahan-bahan komunikasi (brosur, pamflet, leaflet, dll.), simbol perusahaan, dan harga.
b)  Menggunakan sumberdaya personal lebih banyak daripada sumber daya lainnya.
c)  Menciptakan citra (image) perusahaan yang kuat, misalnya lewat iklan, logo/simbol, perilaku manajemen dan karyawan yang positif (responsif, etis, peduli akan lingkungan, dan terpercaya), dan lain-lain.
d)  Memanfaatkan akuntansi biaya (termasuk pula manajemen biaya dan akuntansi manajemen) dalam penetapan harga, sehingga harga dapat ditetapkan sebaik mungkin.
e)  Melakukan komunikasi purnabeli / pasca pembelian (post-purchase communication), seperti mengumpulkan informasi mengenai kepuasan pelanggan, keluhan pelanggan, saran dan kritik dari pelanggan, serta menyampaikan informasi produk baru dan program promosi baru kepada mereka.

















BAB II
A.    Bentuk relation marketing
1.      Hubungan dengan pelanggan
Untuk jasa sablon kaos ini hubungan dengan pelanggan dapat berupa pemberian diskon atau bonus disetiap pemesanan minimal 1 lusin. Pemberian bonus atau diskon ini dapat berupa baju atau pengurangan harga tergantung banyaknya pesanan yang dilakukan konsumen\
2.      Kemitraan dengan pemasok
Bentuk hubungan kemitraan dengan pemasok dapat berupa memberikan baju  hasil desain yang diinginkan oleh pemasok secara gratis apabila terjadi nkepuasan atas baju yang dikirim oleh pemasok
3.      Kemitraan dengan perusahaan lain
Hubungan dengan perusahaan lain harus dijaga dengan tujuan saling memberikan motivasi dan melakukan persaingan dengan sehat. Hal ini dapat berupa pembentukan komunitas pembuat sablon kaos se daerah. Hal ini bersifat tolong menolong dan tidak saling memjatuhkan. Dengan melakukan evaluasi antar perusahaan agar mampu menutupi kekurangan dan saling menguntungkan antar perusahaan
4.      Kemitraan internal
Dalam melakukan relation terhadap karyaawan yaitu dengan cara memberikan intensif gaji apabila karyawan tersebut mampu bekerja dengan baik atau melebihi target tang diinginkan
5.      Hubungan dengan masyarakat
Dapat berupa melakukan jalan santai berhadiah kaos. Jadi selain memberikan kaos gratis perusahaan bisa juga memperkenalkan produk jasa yang dijalankan sekarang





BAB III
A.    Visi dan Misi
Visi
Menjadi Perusahaan sablon kaos manual di Indonesia yang Profesional ,Berkarakter ,Inovatif ,Produktif  yang dapat menghasilkan sesuatu nilai tambah baru yang dapat memberi manfaat, serta mampu membuka lapangan pekerjaan yang menguntungkan bagi sesama.
Misi
1.      Membangun Usaha sablon kaos yang mampu memberikan pelayanan dan kepuasan bagi pelanggan.
2.      Mengedepankan Kwalitas produksi dengan harga yang terjangkau.
3.      Menghadirkan lapangan pekerjaan yang profesional dengan situasi kerja yang produktif.
4.      Menyantuni bagi mereka yang membutuhkan.
B.     Analisa SWOT
1.      Strengths - Kekuatan Diri
Usaha kami memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan perusahaan lain yaitu menerima pesanan 1 kaos dengan desain suka suka dan bebas selain itu menjual produk yang diperoleh dari suplier dan  juga memproduksi produk kami sendiri dengan pertimbangan desainnya unik dan jumlahnya terbatas.
Kelebihan sablon manual :
1. Warna sablonan tidak cepat pudar, bergantung pada jenis tinta sablon yang digunakan, dan proses pengerjaannya.
2. Bisa mengerjakan sablon gambar/tulisan yang timbul dengan menggunakan tinta busa.
3. Tinta lebih kuat menempel pada kaos walau dicuci beberapa kali.
4. Untuk pemesanan yang massal, biaya sablon jauh lebih murah.
2.      Weakness - Kelemahan Diri
Keadaan tren yang berubah dengan sangat cepat memaksa perusahaan agar dapat mengikuti perubahan tren tersebut agar perusahaan tidak kehilangan konsumen dan juga dalam segi harga yang lebih mahal sedikit apabila pembuatan satuan
Kekurangan sablon manual :
1. Kurang bagus untuk menyablon foto yang berwarna-warna.
2. Proses pengerjaan yang lebih lama karena ada proses pembuatan film afdruk, penyablonan, penjemuran, dsb.
3.  Tidak bisa mengerjakan kaos dalam jumlah satuan, harus ada minimal order karena biaya sablon untuk satuan relatif besar.
4. Biasanya setelah dicuci berulang kali dan dipakai beberapa bulan, gambar akan mengalamai keretakan.

3.      Peluang usaha,
sablon digital dan tinta semakin banyaknya bisnis usaha yang bergerak di bidang usaha, sablon digital dan tinta. bisnis ini semakin berkembang dengan pesat, kita menyadari kebutuhan sandang dan usaha saling berkaitan serta membutuhkan satu dengan lainnya. contoh : saat kita membuka usaha sablon digital ada perusahaan / toko yang ingin membuat banner / spanduk serta sablon lainnya lalu toko tersebut akan melakukan order ke perusahaan kita. Yang ditekankan mencari peluang usaha, sablon digital dan tinta kita dituntut mengerti dahulu usaha apa yang akan dikembangkan dan tidak akan pernah mati usaha tersebut dan semakin dibutuhkan di kemudian hari. Berbeda dengan peluang usaha, sablon digital dan tinta yang membedakan adalah masih sedikitnya orang yang bergelut di bidang sablon, digital dan tinta serta peluang usaha seperti ini dapat menjadikan keuntungan yang besar dengan pengelolaan dan manajemen yang baik. modal yang diperlukan juga tidak sangat besar dengan merintis usaha dan melihat peluangnnya bisnis ini bisa menjadi besar dan berkembang.
4.      Ancamaan Usaha
 Ancaman utama yang dihadapi oleh usaha ini adalah perusahaan-perusahaan besar yang telah dikenal oleh masyarakat. Perusahaan-perusahaan tersebut mempunyai pangsa pasar yang sangat besar serta mempunyai nama dan lebih dikenal di masyarakat. Kegiatan produksi mereka dibiayai dengan biaya yang besar dan dikelola dengan sistem manajemen yang baik, mempergunakan peralatan modern sehingga mampu menghasilkan produk yang baik, dan memiliki bisnis grosir dengan prosentase besar. Namun ancaman ini merupakan faktor pendorong dalam menjalankan usaha agar lebih giat dalam berproduksi, selalu meningkatkan dan mempertahankan mutu, kekhasan dan kualitas supaya dapat merebut segmen pasar dan konsumen tidak berpaling pada produk lain.
C.     Perbandingan dengan usaha sejenis
Yang menjadi keunikan dengan perusahaan lain adalah adanya pembuatan satuan jadi tidak perlu ada pesanan yang banyak dan walaupun pesan satu tetap ada bonusnya seperti stiker
D.    Menetapkan tujuan dan sasaran
Pasar yang dibidik adalah orang-orang yang kursus dipare Pelajar, mahasiswa, semua kalangan pelajar ( Sekolah dan mahasiswa ) dan Umum (Event Organizier, masyarakat)
E.     Mengembangkan strategi dan bentuk aliansi
Meningkatkan kualitas sablon dan meminimalisir kerugian. Menciptakan persaingan yang sehat dengan  bekerjasama antar pemilik sablon kaos dengan tujuan agar saling membantu dan tidak saling menjatuhkan

BAB IV
1.    SEGMENTASI
Bagi pemasaran konsumen, variabel segmentasi utama adalah unsur:
          Geografis, terletak di kota pare tepatnya kampung inggris karena letaknya yang strategis dan banyak peminat
                                            Demografis, segmen demografis yang dituju adalah semua usia karena ini produk bertujuan mengekspresikan diri
          Psikografis, adalah aspek yang ditu orang yang suka mengekspresikan diri melalui kaos
          Perilaku,segmen yang dituju adalah komunitas komunitas yang suka membuat kaos

BAB 5
STRATEGI PRODUK JASA
a.      Produk inti
Jasa sablon kaos merupakan produk jasa yang menyediakan jasa membuat kaos sesuai desain suka suka dengan jumlah yang tidak dibatasi.
b.     Produk actual
Memberikan layanan terbaik untuk konsumen dan kualitas terbaik agar konsumen merasa puas dengan layan jasa sablon kaos melalui bonus yang di berikan entah itu dalam bentuk stiker atau pin.


c.      Produk tambahan
produk tambahan berupa pembuatan pin atau stiker. Ini membuat prduk tambahan sangat mendukung produk utama yaitu sablon kaos.

BAB 6
Strategi distribusi jasa
Dalam usaha sablon ini menggunakan saluran distribusi langsung karena produsen melakukan transaksi secara langsung dengan pelanggan. ini dilakukan oleh konsumen agar desain yang diinginkan konsumen langsung bisa dikirim ke produsen. Dalam hal pelayanan pun konsumen bisa berhadapan langsung dengan produsen.

BAB 7
STRATEGI PENETAPAN HARGA
Umumnya, menjadi ketentuan bahwasannya harga melambangkan kualitas produk. Tetapi, dalam realitis pemasaran fakta tersebut tidak semestinya betul untuk dijadikan asas perletakan harga yang strategis.
Strategi penetapan harga menjadi penting bahwa faktor harga berperanan dalam mempengaruhi pengguna untuk kesetiaan pelanggan untuk menggunakan jasa..
Penetapan harga laundry per kilogram nya, W&W Londreeharga sablon mematok harga rabat, dengan harga yang relatif lebih rendah untuk jenis lusinan dari pada satuan Penetan harga tersebut diambil dengan pertimbangan bahwa hal tersebut untuk mengedukasi masyarakat pengguna jasa sablon  Strategi penetapan harga menggunakan harga rabat jadi intinya semakn konsumen membeli banyak maka harga semakin murah. Ini bertujuan agar konsumen bisa membeli banyak pada produk jasa yang sedang dilakukan.
1)      Untuk biaya sendiri 1 kaos diharga 85000 sudah termasuk desain suka suka. Jika membeli perlusin maka dikurangi 10 ribu
2)      Memdapat bonus kaos pin jika membeli diatas 1 lusin


BAB 8
STRATEGI PROMOSI JASA
Strategi jasa yang saya ambil untuk mempromosika usaha jasa saya adalah dengan cara periklanan dan hubungan masyarakat.
1.      Periklanan
Periklanan sangat penting guna memperkenalkan produk jasa yang akan dibangun. Untuk periklanan sendiri rencana saya akan membuat banner yang menarik agar konsumen mau membaca dan memahami apa yang disampaikan isi banner tesebut
2.      Hubungan masyarakat
Untuk hubungan masyarakat sendiri sangat penting digunakan untuk media promosi karena melibatkan orang banyak. Salah satu strategi yang akan saya buat adalah dengan cara memberikan kaos gratis kepada komunitas-komunitas resmi yang ada di pare dengan jumlah yang tertentu serta mengadakan lomba desain suka suka dengan hadiah kaos. Dengan ini diharapkan konsumen lebih bisa mengenal produk jasa yang akan saya jalani.
BAB 9
STRATEGI SUMER DAYA MANUSIA
Langkah yang harus dilakukan:
  1. Penetapan stuktur organisasi
  2. Penjelasan Job deskripsi dari masing-masing bagian
  3. Mendefinisikan syarat minimal kompetensi yang harus dimiliki masing-masing bagian
  4. Penetapan program pengembangan SDM yang ada

Strategi proses
Strategi proses yang saya buat dalam usaha jasa sablon kaos saya yang akan saya buat seperti sablon kaos secara umun yaitu mulai dari :
Proses mencetak
Beberapa langkah ini bisa diterapkan untuk menerapkan sablon secara manual.
1.      Siapkan kaos yang akan disablon, lalu memasukkan tatakan tripleks ke bagian dalam kaos. Tujuannya supaya tinta tidak merembes hingga ke bagian belakang. Termasuk berfungsi agar posisi kaos lebih stabil saat sedang disablon.
2.      Taruhlah screen atau kasa sablon di permukaan kaos. Anda bisa mengatur posisi gambar disesuaikan dengan rancangannya. Kalau akan menyablon teks atau gambar dengan warnanya melebihi satu, sebaiknya menutupi gambar lainnya dengan plastik dengan bantuan selotip atau lakban.
3.      Atur posisi screen berdasarkan rancangan gambar tersebut.
4.      Selanjutnya menuang tinta di pinggir gambar di sisi atas dengan menghadap objek gambar itu. Kemudian menarik cat sablon itu mengarah bawah memakai rakel bertekanan rata dengan sekali tarikan saja.
5.      Kalau hanya menyablon satu warna saja, teknik ini telah selesai. Anda bisa melihat hasil sablon dengan mengangkat bagian rangka screen secara perlahan. Kemudian mengeringkan kaos
6.      Jika Anda ingin membubuhkan lebih dari satu warna. Maka lanjutkan dengan membersihkan tinta yang melekat pada rangka. Lalu menyiapkan gambar pada bidang selanjutnya dan tutupi bagian lainnya memakai selotip dan plastik.
7.      Taruhlah kaos yang telah disablon warna pertama pada meja yang sudah disiapkan. Agar hasilnya bagus, maka penempatan screen wajib diatur dengan baik.
8.      Aturlah hasil teknik sablon ini dan mengulangi langkah kedua dan keempat guna menghasilkan warna kedua.
9.      Anda bisa mengulangi proses sablon itu hingga rampung, sampai warna terakhir yang diinginkan menggunakan teknik sablon manual.
Proses setelah sablon
Menurut kami yang menentukan lama atau tidaknya sebuah pesanan kaos adalah dalam proses pengeringan karena dalam proses pengeringan ini para penjual jasa sablon memiliki cara sendiri untuk mengeringkan. Misalnya dengan cara sinar matahari atau menggunakan mesin pengering. Di dalam usaha jasa saya menggunakan mesin pengering karena apa karena walaupun agak mahal sedikit tetapi prosesnya bagus dan cepat. Untuk menarik minat konsumen dalam belajar teknik sablon menyablon kami menyiapkan tv yang memutar tutorial sablon manual secara umum yang letaknya di ruang depan


BAB XI

STRATEGI LINGKUNGAN FISIK

(PHYSICAL ENVIRONMENT)


Strategi lingkungan fisik yang diterapkan adalah membuat suasana di dalam toko nyaman dengan memberi fasilitas ac, baju-baju atau kaos dengan desain dan kualitas terbaik di display di depan toko serta pelayanan yang ramah kepada konsumen. Selain itu memberikan video tutorial sablon kaos manual kepada konsumen diharapkan mampu membuat konsumen mau belajar dan mengenal sablon kaos manual secara umum. Dilengkapi juga ruang tunggu yang nyaman serta adanya penunjang wifi.
BAB 12
Manajemen kualitas jasa
       Reliability ( kehandalan)
            Untuk usaha sablon ini kita akan kepuasan konsumen adalah prioritas kami maka dari itu beberapa hal yang harus dilakukan adalah
    1. Memberikan pelayanan sesuai janji kepada pemesan kaos
    2. Ramah kepada konsumen
    3. Memberikan pelayanan tepat waktu
    4. Memberikan informasi kepada konsumen tentang kapan pelayanan yang dijanjikan akan direlisasikan
Selanjutnya kami akan memeberikan jaminan kepada konsumen yaitu dengan mengganti kaos yang rusak dengan yang baru apabila mengalami kerusakan pada kaos. Tetapi kami

BAB 8
STRATEGI PROMOSI JASA
Strategi jasa yang saya ambil untuk mempromosika usaha jasa saya adalah dengan cara periklanan dan hubungan masyarakat.
1.      Periklanan
Periklanan sangat penting guna memperkenalkan produk jasa yang akan dibangun. Untuk periklanan sendiri rencana saya akan membuat banner yang menarik agar konsumen mau membaca dan memahami apa yang disampaikan isi banner tesebut
2.      Hubungan masyarakat
Untuk hubungan masyarakat sendiri sangat penting digunakan untuk media promosi karena melibatkan orang banyak. Salah satu strategi yang akan saya buat adalah dengan cara memberikan kaos gratis kepada komunitas-komunitas resmi yang ada di pare dengan jumlah yang tertentu serta mengadakan lomba desain suka suka dengan hadiah kaos. Dengan ini diharapkan konsumen lebih bisa mengenal produk jasa yang akan saya jalani.
BAB 9
STRATEGI SUMER DAYA MANUSIA
Langkah yang harus dilakukan:
  1. Penetapan stuktur organisasi
  2. Penjelasan Job deskripsi dari masing-masing bagian
  3. Mendefinisikan syarat minimal kompetensi yang harus dimiliki masing-masing bagian
  4. Penetapan program pengembangan SDM yang ada

Strategi proses
Strategi proses yang saya buat dalam usaha jasa sablon kaos saya yang akan saya buat seperti sablon kaos secara umun yaitu mulai dari :
Proses mencetak
Beberapa langkah ini bisa diterapkan untuk menerapkan sablon secara manual.
1.      Siapkan kaos yang akan disablon, lalu memasukkan tatakan tripleks ke bagian dalam kaos. Tujuannya supaya tinta tidak merembes hingga ke bagian belakang. Termasuk berfungsi agar posisi kaos lebih stabil saat sedang disablon.
2.      Taruhlah screen atau kasa sablon di permukaan kaos. Anda bisa mengatur posisi gambar disesuaikan dengan rancangannya. Kalau akan menyablon teks atau gambar dengan warnanya melebihi satu, sebaiknya menutupi gambar lainnya dengan plastik dengan bantuan selotip atau lakban.
3.      Atur posisi screen berdasarkan rancangan gambar tersebut.
4.      Selanjutnya menuang tinta di pinggir gambar di sisi atas dengan menghadap objek gambar itu. Kemudian menarik cat sablon itu mengarah bawah memakai rakel bertekanan rata dengan sekali tarikan saja.
5.      Kalau hanya menyablon satu warna saja, teknik ini telah selesai. Anda bisa melihat hasil sablon dengan mengangkat bagian rangka screen secara perlahan. Kemudian mengeringkan kaos
6.      Jika Anda ingin membubuhkan lebih dari satu warna. Maka lanjutkan dengan membersihkan tinta yang melekat pada rangka. Lalu menyiapkan gambar pada bidang selanjutnya dan tutupi bagian lainnya memakai selotip dan plastik.
7.      Taruhlah kaos yang telah disablon warna pertama pada meja yang sudah disiapkan. Agar hasilnya bagus, maka penempatan screen wajib diatur dengan baik.
8.      Aturlah hasil teknik sablon ini dan mengulangi langkah kedua dan keempat guna menghasilkan warna kedua.
9.      Anda bisa mengulangi proses sablon itu hingga rampung, sampai warna terakhir yang diinginkan menggunakan teknik sablon manual.
Proses setelah sablon
Menurut kami yang menentukan lama atau tidaknya sebuah pesanan kaos adalah dalam proses pengeringan karena dalam proses pengeringan ini para penjual jasa sablon memiliki cara sendiri untuk mengeringkan. Misalnya dengan cara sinar matahari atau menggunakan mesin pengering. Di dalam usaha jasa saya menggunakan mesin pengering karena apa karena walaupun agak mahal sedikit tetapi prosesnya bagus dan cepat. Untuk menarik minat konsumen dalam belajar teknik sablon menyablon kami menyiapkan tv yang memutar tutorial sablon manual secara umum yang letaknya di ruang depan


BAB XI

STRATEGI LINGKUNGAN FISIK

(PHYSICAL ENVIRONMENT)


Strategi lingkungan fisik yang diterapkan adalah membuat suasana di dalam toko nyaman dengan memberi fasilitas ac, baju-baju atau kaos dengan desain dan kualitas terbaik di display di depan toko serta pelayanan yang ramah kepada konsumen. Selain itu memberikan video tutorial sablon kaos manual kepada konsumen diharapkan mampu membuat konsumen mau belajar dan mengenal sablon kaos manual secara umum. Dilengkapi juga ruang tunggu yang nyaman serta adanya penunjang wifi.
BAB 12
Manajemen kualitas jasa
       Reliability ( kehandalan)
            Untuk usaha sablon ini kita akan kepuasan konsumen adalah prioritas kami maka dari itu beberapa hal yang harus dilakukan adalah
    1. Memberikan pelayanan sesuai janji kepada pemesan kaos
    2. Ramah kepada konsumen
    3. Memberikan pelayanan tepat waktu
    4. Memberikan informasi kepada konsumen tentang kapan pelayanan yang dijanjikan akan direlisasikan
Selanjutnya kami akan memeberikan jaminan kepada konsumen yaitu dengan mengganti kaos yang rusak dengan yang baru apabila mengalami kerusakan pada kaos. Tetapi kami


























Komentar